RSS

KAMUS TECHNO

30 Jun

Di era Teknologi yang berkembang pesat ini, terkadang kita bingung dengan istilah yang kita baca tetapi anehnya kita telah menggunakannya..🙂

agar tidak bingung terutama saat kita menjelaskan kepada kerabat kita, berikut adalah istilah – istilah yang mungkin anda perlu ketahui

.

AAC (Advanced Audio Coding)

merupakan standar format berkas audio terkompresi. Pada umumnya audio dengan format AAC lebih baik dibandingkan format MP3 dalam bitrate yang sama. Sample ratenya sampai 96 KHz dan dua kali lebih baik dibanding format MP3.

.

BIT RATE

adalah suatu pengaturan yang digunakan saat melakukan kompresi file musik kedalam format digital. Tentunya bit rate yang tinggi akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik namun juga berdampak pada ukuran file yang otomatis lebih besar.

.

CANDY BAR

Sering disebut dengan Ponsel Batang. Hal ini merujuk pada bentuk / desain fisik Ponsel yang keypad-nya berada diluar (biasanya langsung dibawah screen / layar dan ada juga yang berada disamping screen / layar).

.

CIF (Common Intermediate Format)

Merupakan format standar resolusi foto/video yang menjukkan ukuran horizontal dan vertikal dalam besaran pixel. Kamera CIF mempunyai resolusi sebesar 352 x 288 pixel.

.

CLAM SHELL

disebut juga Ponsel model lipat. Hal ini mengacu pada bentuk / desain fisik ponsel, dimana untuk menggunakan keypad-nya harus membuka tutup depan terlebih dahulu.

.

DivX

adalah suatu format video MPEG-4 yang diciptakan oleh DivX, inc. format DivX dapat mengkompresi video menjadi ukuran lebih kecil dengan kualitas cukup baik. Banyak ponsel berfitur canggih kini sudah memiliki fitur DivX.

.

DTMF (Dual Tone Multi Frequency)

Dikenal sebagai Nada tombol multi dimana pada saat kita menekan ketpad / tombol pada telephon akan mengeluarkan nada berbeda antara tombol satu dengan yang lainnya.

.

FLAC (Free Lossless Audio Codec)

merupakan format berkas  untuk kompresi data audio lossless. FLAC banyak disukai karena kualitas audio yang dihasilkan lebih baik dibandingkan MP3.

.

FLASH LITE

merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Adobe, inc. dengan adanya fitur Flash Lite maka suatu Perangkatl dapat menjalankan konten berbasis Flash. Contoh jika Ponsel memiliki fitur flash maka dapat menjalankan file format swf.

.

FPS (Frame Per Second)

yaitu jumlah bingkai gambar/frame yang ditunjukkan setiap detik pada data Video. Makin besar fps yang dimiliki suatu perangkat akan menghasilkan video dengan pergerakan yang semakin halus.

.

FWT (Fixed Wireless Terminal)

yaitu suatu perangkat / alat komunikasi / telephone tanpa kabel yang dapat dipindahkan atau dibawa namun terbatas pada area pelayanan tertentu saja.

Contoh: FWT dengan kode area Jakarta dibawa ke Bandung maka FTW tersebut tidak dapat menerima maupun melakukan panggilan telephone.

.

HDMI port

dengan adanya port ini pada perangkat contoh ponsel, maka pengguna dapat menghubungkan ponsel ke TV LCD. hal ini berguna untuk menyaksikan tayangan video atau file gambar yang diambil dari kamera ponsel.

.

PREDICTIVE TEXT

atau sering disebut fitur T9. Dengan fitur T9 ini membuat proses penulisan pesan menjadi lebih mudah dan sederhana karena bisa memprediksi huruf yang akan kita tulis berdasarkan pengenalan program terhadap kata – kata.

.

RUIM (Removable User Identitiy Module)

Adalah kartu identitas seperti SIM card, istilah ini biasanya digunakan pada ponsel – ponsel berbasis CDMA

.

STREAMING

Kemampuan untuk menikmati sajian Audio atau Video di ponsel secara Live (Langsung) tanpa pengguna ponsel harus mendownload file terlebih dahulu.

.

VOD (Voice On Demand)

Fasilitas  video streaming lewat jalur data. Disini pengguna harus memilih dahulu Chanel yang ingin ditonton sebelum video streaming terjadi yaitu seperti halnya memilih program TV sebelum menonton.

.

VGA (Video Graphics Array)

Berbeda dengan ukuran CIF, kamera VGA mempunyai besaran resolusi berukuran 640 x 480 pixel.

.

VOICE MAIL

alias fasilitas pesan suara atau kemampuan menerima rekaman pesan suara pada saat ponsel tidak aktif, atau ketika pengguna ponsel tidak mengangkat telpon.

.

VOIP (Voice Over Internet Protokol)

disebut juga panggilan telephone melalui koneksi internet, dengan menggunakan fitur VoIP pengguna ponsel tidak lagi telephone melalui saluran telephone konvensional secara analog.

.

.

——–>> Update

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Juni 2011 in TEKNOLOGI

 

Tag: , ,

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ATAU PESAN

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: