RSS

Kelebihan dan Kekurangan TABLET PC

20 Des

Istilah TABLET bagi perangkat komputer berlayar sentuh memang bukan hal yang baru. Beberapa tahun yang lalu, beberapa vendor komputer berbasis Microsoft Windows melepas perankat seperti ini dan disebut Tablet PC. Ciri khasnya adalah jenis layar sentuh yang digunakan dan interface yang disiapkan untuk sebuah sentuhan.

Istilah ini tiba-tiba kembali membooming berkat ‘kelahiran’ Apple Ipad diawal tahun ini dan pesaing vendor takmau kalah dengan melepas Tablet-tablet baru mereka seakan-akan meyakinkan pada kita bahwa Tablet bisa menjadi perangkat serba bisa, meskipun tanpa dukungan OS Windows.

Tablet bisa berjalan dengan iOS-nya Apple, OS Blackberry, bahkan dengan si pendatang baru Android.

Vendor yang bermainpun bisa dibilang sangat luas. Mulai Apple sirajanya multimedia, Samsung, RIM hingga vendor-vendor Cina dan local.

Kebanyakan vendor yang kini memproduksi Tablet adalah vendor-vendor HP yang sudah kita kenal. Masuk akal, mengingat teknologi yang ada di Tablet-tablet terkini bisa dibilang merupakan pengembangan dari sebuah HP Pintar. Bisa jadi karena OS yang menjalankannya.

Þ  KELEBIHAN TABLET

Hampir semua Tablet dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi dan display yang mumpuni. Utamanya WiFi, dan sebagian membawa teknologi seluler 3G HSDPA. Tapi sesungguhnya apa saja sih fitur-fitur ‘Killer’-nya Tablet?

  • Layar Lebar, Tidak sebesar layer televisi sih… tapi cukup lebar untuk menampilkan halaman web penuh dengan tampilan landscape maupun portrait. Setidaknya masih cukup besar ketimbang layar HP.
  • WiFi, kita tidak lagi membutuhkan kabel LAN untuk menghubungkannya dengan internet. Atau, setidaknya kita tidak lagi membutuhkannya untuk berbagi dengan perangkat lain.
  • 3G HSDPA, beberapa Tablet sudah dilengkapi dengan teknologi seluler, baik untuk mengakses data maupun melakukan kegiata klasik ber-HP: telefon dan sms.
  • Ukuran Sangat Portebel. Nah ini nih… dibandingkan dengan perangkat komputer lipat alias laptop, Tablet dipercaya lebih ringkas. Tenang saja, dari ukurannya saja sudah kelihatan, namun dengan demikian tetap dilengkapi fitur khas sebuah Komputer dan HP sekaligus.
  • Kamera. Beberapa Tablet terutama yang berukuran 7 inchi (layarnya) memiliki kamera dengan kemampuan lebih dari cukup. Baik untuk fotografi mobile, maupun sebagai sarana chat video.
  • Sebuah e-book reader yang mumpuni. Layar lebar, ukuran Portable dan bisa dibawa kemana-mana mampu menyulap perangkat ini menjadi buku digital. Setidaknya ukurannya sama dengan ukuran buku konvensional. Plus dukungan Software yang ciamik untuk keperluan ini, kadang membaca buku elektronik di sebuah tablet akan terlihat keren, hilanglah kesan ‘Kutu Buku’.
  • Perangkat Gaming 3D portable dengan nilai plus. OS yang dibawa masing-masing tablet rupanya sudah memungkinkan untuk permainan bergrafis 3D. tanpa tombol kontroler fisik, layar sentuh tetap dapat memunculkan kontroler visual yang menyediakan kenyamanan setara. Layar lebih besar dari layar Sony PSP dan NDS XL sekalipun. Plus kontrol yang interaktif dengan moda sentuhan.

Þ  KEKURANGAN TABLET

Namun tak ada gading yang tak retak. Meski memiliki sejumlah kelebihan yang menawan, tablet juga memiliki kekurangan. Apasaja kekurangan Tablet?

  • Teks Input hanya berupa virtual keyboard dilayar sentuh. Kalau menambah keyboard wireless sebagai salah satu aksesoris tambahan, apa bedanya dengan membawa laptop? Lebih dari itu, sepertinya akan lucu jika ternyata keyboard wirelessnya berukuran lebih besar dari layar Tablet.
  • Kartu Gafis terbatas. Kita memang bisa memainkan Game di sebuah mobile Tablet juga mengutak-atik hasil foto, tapi semua hal itu sangat dibatasi. Dukungan kartu grafis yang tidak se-peworful milik PC atau laptop menjadi alasan utama.
  • Ukuran. Selain menjadi kelebihan, ukuran Tablet juga bisa menjadi titik lemah. Meskipun sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan selular dan fitur-fitur HP, Tablet tidak bisa serta merta menjadi pengganti HP. Terbayangkah membawa perangkat berlayar 9 inchi atau 7 inchi kedalam saku celana dan kemeja?
  • Suplai Daya. Menjadi keharusan bagi sebuah Tablet untuk menyediakan perangkat penyuplai daya yang munpuni. Karena menjadi portable, maka baterai adalah salah satu tumpuan terakhir. Tablet akan cenderung hidup selalu baik dibutuhkan atau tidak. Tidak seperti Laptop yang akan kita matikan ketika tidak sedang digunakan. Waktu standby akam menyedot daya yang tidak sedikit.
  • Dukungan Software dan Kompatibilitas. Tidak ada standar yang jelas mengenai kompatibilitas dan dukungan Software para Tablet. Hal ini karena penggunaan OS yang tidak seragam dan juga kemungkinan sebuah vendor untuk memasukkan unsur-unsur ‘tardisi’-nya ke dalam Tablet.
  • Ruang Penyimpanan Terbatas. Kalaupun ada slot tambahan hanya untuk kartu memory MicroSD yang besarnya maksimum di angka 32GB saja. Lalu bagaimana dengan Tablet yang tidak memiliki slot?
  • Upgrade Platform. Tidak seperti laptop Windows yang memungkinkan Anda mengganti versi-versinya, dalam tablet OS Anda hanya memiliki satu pilihan perangkat. Contoh: jika tablet Anda dijalankan dengan sistem operasi Android 2.2, maka Anda tidak punya kesempatan memperbaruinya ke Android 3.0, jika produsen tidak merilis versi itu ke perangkat Anda.

Þ  TABLET VS HP

Dari beberapa uraian diatas, sudah terlihat bahwa sampai tulisan ini dibuat komputer tablet dapat melakukan beberapa peran HP namun tidak bisa menggantikannya. Ada beberapa tips agar bisa menjadi perangkat HP yang menyenangkan

  • Lengkapi diri dengan headset Bluetooth. Dengan demikian Tablet bisa diletakkan didalam tas, sementara melakukan panggilan dan mengaturnya lewat headset tersebut.
  • Masalahnya beberapa OS Tablet belum Mengadopsi Voice Recognition. Apabila semua sudah mangadopsi hal ini, kita bisa mengatur panggilan hanya dengan perintah suara lewat Headset Bluetooth.

Þ  TABLET VS LAPTOP

Apakah Tablet mobile bisa menggantikan peran Laptop?

Dari uraian diatas, sepertinya masih belum bisa. Terkait dengan dukungan hardware yang memang terbatas didalam sebuah perangkat Tablet, dan kompatibilitas sejumlah fitur yang ada didalamnya. Tablet sangat pas digunakan untuk berselancar di internet, membalas surel, atau melakukan tugas-tugas sederhana. Namun, ia bukan pengganti laptop. Sampai sekarang tablet belum bisa bekerja dengan HSDPA ataupun DVD writer.

Tablet mobile tidak lagi membutuhkan modem internet terpisah seperti yang dibutuhkan disebuah Laptop, dan pastinya tidak butuh ruang yang besar untuk membawanya kemana-mana Plus tidak seberat Laptop.

.

.

From:

Tabloid BUYER’S GUIDE edisi 64

Kompas.com

About these ads
 
33 Komentar

Posted by pada 20 Desember 2010 in KONTROVERSI, TEKNOLOGI, TIPS dan TRIK

 

Tag: , , , ,

33 responses to “Kelebihan dan Kekurangan TABLET PC

  1. Viksana

    24 Mei 2011 at 09:24

    Asumsi yg bagus gan..

     
    • Andy Irawan

      4 Juni 2011 at 19:46

      cm sekedar berbagi info aja..
      thx

       
    • rodi

      24 Januari 2013 at 12:20

      gan ada aplikasi winrar ga? Buat extract hasil dolotan..
      Maklum newbie..

       
  2. Fahmi

    24 Mei 2011 at 13:17

    Thanks infonya…..

     
  3. suyandana yana

    29 Mei 2011 at 16:41

    Tablet memang canggih serba complite dan ukuran lebih aerodinamis kecil, walaupun fasilitas hardwere complite tapi tidak semaximal mungkin seperti laptop dan net book sedangkan jaman sekarang orang itu tertarik dengan spec high dan memenuhi syarat pada dasar nya kalau menciptakan sesuatu jangan setengah – setengah kalau mau canggih-canggih sekali itu baru akan memuaskan client/customer

    Note : Land Card tetap harus ada, kenapa? karena itu kebutuhan
    pokok misalnya bepergian jauh nginap di hotel 5 star atau tempat2 mewah jangan sampai ketergantungan modem sistem usbmkarena kemampuan modem usb hanya untuk dadurat saja tdk semampu yg pakai land ( kalau mau ciptakan perankat kecil dan hardware yg yg canggih terutama video grafic yg besar memory yg highsorry ini hanaya kritikan dari orang yang sangat bodo atau hanya omong kosong saya cobalah pikirkan jangan hanya menjual perangkat yang belum begitu sempurna sorry ya ini hanya kritikan omong kosongku

     
    • Andy Irawan

      4 Juni 2011 at 19:49

      Menurut saya tergantung diri sendiri
      kalo kalangan prof. atau udah terbiasa memakai fasilitas dengan spesifikasi tinggi maka sah2 aja kalo lebih memperhatikan performa daripada sekedar gaya atau tren :-)

      Tetapi di Indo lebih banyak mengutamakan Gengsi kayaknya bos…

      Btw

      Komentar bagus,
      thax udah partisipasi
      :-)

       
  4. Desi

    13 September 2011 at 20:37

    Thanks yaa, aku suka bahasan ini…
    Ada niat mau beli, nexian tablet genius, tapii masih bingung worth it gak ya?

     
    • Andy Irawan

      13 September 2011 at 21:42

      Jika ingin membandingkan dengan Produk yang lain, silahkan perhatikan spesifikasi perangkat seperti Memory RAM, storage, Prosesor dan juga fasilitas tambahan seperti Kamera
      yang paling diperhatikan juga adalah Ketersediaan SERVICE CENTER terdekat, ini akan mempengaruhi kenyamanan kita ketika kita mengalami kerusakan. Bayangkan jika kita masih repot klaim garansi ke Kota sebelah gra2 di kota kita tidak ada SERVICE CENTER

      Semoga info ini membantu

       
      • Desi

        14 September 2011 at 19:36

        Aku sudah bandingin berkali-kali maass, secara harga lebih murah, pastinya fitur dll masih dibawah yg lain.. (kalo service center deket tmpt aku tinggal). Tapii mas bingung niih mas, mending beli yg agak murah atau yang mahal sekalian yaa?..
        Thank u so much!

         
  5. Andy Irawan

    14 September 2011 at 23:17

    Sesuaikan dg kondisi sja..
    jika masih ingin beli Laptop mending beli yg murah, karena Laptop lbh membantu aktifitas untuk kedepannya baik sekolah, mahasiswa atau pekerja jd mending fokus ke laptop..
    kalo memang tidak butuh laptop silahkan beli yg mutakhir sekalian
    kalo bisa Murah tp fitur lengkap..
    kalo perlu Gratis tp fitur lengkap… :-p

     
    • Desi

      15 September 2011 at 18:52

      Huwwaa… maunya yg bisa buat nelpon!
      OKeokeoke, makasih banyak yaaa.. :D

       
  6. Andy Irawan

    15 September 2011 at 19:12

    Makasih udh berpartisipasi
    good luck

     
  7. Ping-balik: Tablet PC Murah Barang Lokal Kualitas Bermental...!!!!
  8. akangzain

    10 Februari 2012 at 01:40

    PC Tablet yg murah , bgs, spek’y lengkap, jarang ada keluhan yg merek apa ya mas… tnx

     
    • Andy Irawan

      5 Maret 2012 at 01:00

      HHHmmmm……..
      biasanya “Ada Harga ada Kualitas”

      Coba cek Merk Lokal

      semoga beruntung
      ^_^

       
  9. lucky_laki

    1 Maret 2012 at 14:06

    Nice Info, membuat saya lbh tahu skr…

     
  10. archos 101

    20 April 2012 at 22:01

    Nice post. I was checking continuously this blog and I’m inspired! Extremely helpful info specifically the remaining phase :) I take care of such info much. I used to be looking for this particular info for a very long time. Thank you and best of luck.

     
  11. dwi anto

    25 April 2012 at 15:02

    Mas Agan….
    kalau tablet kita memakai sistem opration android 2.2 maka bisa tidak ya di upgrade ke sistem android 3.0… thx buat infonya…

     
    • Andy Irawan

      1 Mei 2012 at 21:43

      Silahkan kunjungi situs resmi vendor Tablet PC anda, Semoga Vendor anda menyediakan Upgrade untuk perangkat Android anda
      dan ingat…
      Upgrade akan menyebabkan data anda akan hilang dan Setting Tablet kembali ke awal

       
  12. Ratna zahra

    2 Juni 2012 at 20:43

    Untung udah bc disini. Jadi dpt pencerahan. Gmn pun Laptop tetap msh lbh unggul. Tq Ya infonya

     
    • Andy Irawan

      6 Juni 2012 at 06:22

      Makasih atas kunjungan dan komentarnya
      :-)

       
  13. Irfan pela

    5 Agustus 2012 at 10:23

    Akhirnya tgas TIK’q Terjawa !?!!
    Trimhkasih !!?

     
    • Andy Irawan

      22 Agustus 2012 at 22:46

      alhamdulillah bisa bantu orang :)

       
  14. Novia Via

    6 Agustus 2012 at 12:09

    mas kalau game untuk tablet pc mang semuanya bisa ya diaplikasikan untuk merk yang local maupun yang udah terkenal maksudnya gamenya sama semua. misalkan samsung dan merek lokal atau nexian yang game 3d bisa dipakai ke semuanya..
    tanks ya massss….

     
    • Andy Irawan

      22 Agustus 2012 at 22:48

      Tablet PC perangkat rata2 sama aja jadi rata2 game bisa di segala merk Tablet
      cuma untuk game OL agak berat karena lebih memakan memory

       
  15. Novia Via

    6 Agustus 2012 at 12:10

    oya minta alamat untuk download free game dong mas yang full version…. untuk tablet pc..

     
    • Andy Irawan

      22 Agustus 2012 at 22:50

      Untuk Tablet PC android lebih aman download di Play Store aja
      biar lebih aman dari Virus :)

       
  16. dzikri

    18 September 2012 at 22:45

    maaf gaptek ini …
    apa bisa di instal office dan program lainya
    terima kasih

     
  17. computer pc repair

    3 Oktober 2012 at 06:53

    Good day! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you knew where
    I could find a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having
    trouble finding one? Thanks a lot!

     
  18. Kevin

    17 Oktober 2012 at 01:58

    There’s definately a great deal to learn about this topic. I really like all the points you’ve made.

     

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ATAU PESAN

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: