RSS

HYMEN atau SELAPUT DARA BUKAN SIMBOL PERAWAN atau VIRGIN

11 Jan

SELAPUT DARA BUKAN SIMBOL KESUCIAN WANITA

Kita sering mendengar tentang istilah selaput dara. Sayangnya, pengetahuan kita terhadap perkara tersebut amat terbatas. Malah ada kalanya lebih banyak dipengaruhi oleh mitos dibanding fakta sebenar. Agar tidak salah Paham dengan mitos yang di koar-koarkan, Pahamilah informasi di bawah ini:

APA ITU SELAPUT DARA?

Dalam istilah Kedokteran, selaput dara dikenali sebagai hymen. Selaput dara ini merupakan satu lipatan selaput lendir yang menutupi pintu bibir vagina perempuan. Ia telah ada sejak bayi perempuan dilahirkan. Letaknya diantara satu atau dua cm dari bibir luar vagina dan bentuknya bulat mengikut bentuk liang vagina. Namun begitu ada juga selaput dara yang memiliki bentuk unik seperti bulan sabit ( semilunar ), mempunyai pemisah ( septum ) dan ada  juga yang cibriformis atau berlubang-lubang. Selaput ini amat tipis dan merupakan membran yang lembut. Secara biologisnya membrane ini tidak berfungsi, tetapi ia mempunyai “Beban yang Berat” kerena dinilai sebagai bukti kegadisan seorang perempuan.

BANDINGKAN DENGAN GAMBAR ASLINYA :

Lunar/Cincin                              Semi Lunar

  

(Tanpa Hymen/tidak Perawan/tidak Virgin)

APAKAH SEMUA PEREMPUAN MEMILIKI SELAPUT DARA 

TIDAK. Bukan semua wanita mempunyai selaput dara pada vaginanya. Terdapat beberapa kajian yang mendapati ada bayi perempuan lahir tanpa selaput dara.

APAKAH YANG BISA MENYEBABKAN SELAPUT DARA PECAH 

Biarpun hanya sekedar lapisan lendir, selaput dara sangat elastic dan tidak mudah rusak. Selaput dara hanya akan pecah apabila berlakunya hubungan seksual, Masturbasi, Perawatan perobatan yang dilakukan pada liang vagina, Gangguan penyakit pada saluran vagina atau Kemalangan dan Aktivitas berat yang mempengaruhi alat kelamin perempuan.

Ketebalan selaput dara berbeda di antara satu wanita dengan wanita lainnya. Ada perempuan yang mempunyai selaput dara amat tipis dan mudah koyak oleh aktifitas-aktifitas tertentu seperti berenang, menunggang kuda dan memanjat. Ini semua memecahkan selaput daranya meskipun dia belum pernah melakukan hubungan seks. Sebaliknya, ada juga perempuan yang sudah menikah dan berhubungan seks berkali-kali tetapi selaput daranya masih utuh dan tidak koyak kerena selaput daranya begitu elastik.

APAKAH SELAPUT DARA LAMBANG KEPERAWANAN? 

Salah satu faktor penyebab kerusakan selaput dara adalah hubungan seksual. Dan masyarakat menyatakan seorang perempuan adalah perawan jika belum pernah melakukan hubungan seksual. Isu keperawanan yang berhubungan dengan selaput dara ini juga berkaitan dengan pendarahan yang terjadi ketika selaput dara terkoyak. Inilah yang menjadi tanda keperawanan dan kesucian seorang perempuan pada malam pertama.

Seorang wanita dikatakan tidak suci sekiranya tidak mengeluarkan darah ketika malam pertama. Anggapan ini sebenarnya kurang tepat. Perawan atau tidak seorang gadis itu bukan hanya bergantung pada selaput dara. Tidak semestinya Wanita yang tidak mengeluarkan darah ketika malam pertama sudah TERCEMAR kerena selaput dara ini tidak hanya bisa pecah ketika melakukan persetubuhan tetapi juga disebabkan beberapa sebab yang dinyatakan di atas.

APAKAH SELAPUT DARA WAJIB MENGELUARKAN DARAH KETIKA MALAM PERTAMA 

Tentu saja TIDAK. Ini kerena selaput dara selain terdiri dari membran yang lembut, ia juga bersifat fleksibel. Mungkin saja selaput dara ini melentur sehingga tidak mengeluarkan darah sewaktu melakukan hubungan seksual buat kali pertama.

Dalam beberapa Tes, terdapat wanita yang tidak mempunyai selaput dara sejak lahir. Dan ada juga wanita yang memiliki selaput dara yang sangat tipis dibanding wanita-wanita lain sehingga tidak dapat mengeluarkan darah pada saat melakukan hubungan seksual buat kali pertama. Selain itu, fakta kedokteran turut menunjukkan selaput dara hanya memiliki sedikit pembuluh darah. Semakin tipis selaput dara, semakin sedikit darah yang keluar sehingga hampir tidak kelihatan.

Bagi kaum lelaki, mungkin juga wanita yang anda nikahi tidak mempunyai selaput dara atau daranya telah pecah disebabkan aktifitas-aktifitas harian yang telah dilakukannya.

Semoga info ini berguna bagi Anda

 
53 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Januari 2010 in Chicken Soup for the Soul, KESEHATAN, KONTROVERSI

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , ,

53 responses to “HYMEN atau SELAPUT DARA BUKAN SIMBOL PERAWAN atau VIRGIN

  1. edo

    11 Januari 2010 at 14:15

    wah..mbahas sing ginian…mantap..jadi pengen deh…..

     
  2. Andy Irawan

    12 Januari 2010 at 03:13

    Ndang golek boss..

     
  3. so Doc'n

    13 Januari 2010 at 10:48

    good good good… berarti gak usah hawatir,semua cwe msh perawan kok… hehehehe…

     
    • dhemi narulita

      14 November 2011 at 13:34

      setujuuuuuuuu

       
  4. Andy Irawan

    13 Januari 2010 at 15:35

    Hahahaha…
    Betul2
    masih perawan semua

     
  5. U-lee Chan

    5 Februari 2010 at 11:29

    bhas soal jdul skripsi jga bleh . . . cpa tw ntar bisa bwt referensi or dsar teori skripsiku . . .tentang kesehatan gigi pak,Ok?!

     
  6. dian

    26 Maret 2010 at 12:59

    opo wi???????

     
  7. antok

    9 April 2010 at 08:11

    berguna bagi wanita yg mp nya tdk mengeluarkan darah

     
  8. MrRiCE

    19 April 2010 at 12:05

    I am not going to be original this time, so all I am going to say that your blog rocks, sad that I don’t have suck a writing skills

     
    • Andy Irawan

      28 April 2011 at 04:28

      I was just lucky..
      we both don’t have a writing skills :-)

      tq

       
  9. Johnac

    7 Juli 2010 at 13:35

    No matter what others say, I think it is still interesting and useful maybe necessary to improve some minor things

     
  10. kunkz

    17 Juli 2010 at 13:42

    yang bisa bantu mohon jawab..

    saya melakukan seks di malam pertama..
    trus alhasil dia memang perawan dan mengeluarkan darah,,tapi di malam yang kedua saya melakukan lagi,,yang saya kagetkan dia mengeluarkan darah lagi…dan hari ke 3 pas ketiga kalinya saya melakukan lagi masih aja mengeluarkan darah…

    yang ingin saya tanyakan apakah ada luka???atau memang klu yang masih perawan seperti itu??atau adanya hal lain??
    terima kasih.

     
    • Andy Irawan

      18 Juli 2010 at 22:24

      Halo, gmn keadaan istri dikau??…..

      Malam pertama biasa ngeluarin darah, itupun gak mesti satu malam
      ada pula cewek mengeluarkan darah pada malam ke-2 dan ke-3 karena melakukan hubungan berturut-turut tanpa jeda waktu 2-3 hari maka luka pada malam pertama belum sembuh dan Hymen belum sepenuhnya robek dikarenakan terlalu tebal atau elastis

      coba dikau beri waktu jeda 2-3 hari agar luka sembuh dahulu
      bisa saja hymen masih tersisa jadi diperpanjang aja waktu mainnya….. kwkwkwkwkwwk….
      sorry bercanda

      moga info ini membantu
      thax udah partisipasi
      :)

       
      • kunkz

        20 Juli 2010 at 00:15

        hahaha bsa aja nih bro andy,,,
        ok thx yia,,,soalnya saya masih awam,,hahahah

         
  11. Vidi Handoko

    26 September 2010 at 23:08

    wahahahahaaa,,
    sip tenan bos,,,
    mugo2 bojoku eh bakal bojoku isih prawan,,,
    hehehehheeee,,,

     
    • Andy Irawan

      7 Oktober 2010 at 00:30

      bentar2….

      kalo udah di coba jangan tanyain lagi bro…..
      hahahahahahah…..

      piece :-)

       
  12. danu

    5 November 2010 at 06:33

    wah kalau yg ni gua juga mau tuh……….
    hehehehehe………………………………………..

     
  13. Abhi(Ajier Paiyo Mpo)

    14 November 2010 at 00:39

    Gambarnya jelas yah..jadi ingin periksa dulu pas sblum mulai MP nech.hhaha

     
    • Bludas bludus

      19 Desember 2010 at 01:13

      setelah diperiksa trus difoto boss
      boleh tuh di sharing

      hahahahaahah,…….

       
  14. icha

    17 Desember 2010 at 18:24

    gmana loq anak kecil yang waktu kecilnya pernah kena perilaku sexk….kan apa bisa rusak atau bahkan ga ada sma s x tu selaput daranya…

     
    • Andy Irawan

      19 Desember 2010 at 00:31

      lihat seberapa parah kerusakannya
      bisa cm robek, sisa di pingiran aja atau samasekali gak ada
      lebih jelasnya bisa periksa dokter saja

       
  15. setyawaty

    27 April 2011 at 11:46

    yapz sya stju,,, trkdang orng blng malam prtama jika melakukan seksual tdk mngeluarkn darah d blng sudah tdk perawan tp dgn adanya nech q bz mngetahui yg sbnrnya…

     
  16. RyRy

    27 April 2011 at 21:47

    Gw mw nanya, vagina gw sering dicolok2 sama gw. Malah sampe 2 jari dan itu dalam bgt. Apakah saya msh perawan?
    Soalnya aktifitas semacam itu sering dilakukan sama cowo gw.

     
    • bagus

      27 April 2011 at 22:49

      ya udah ga perawan mbak.kan udah d obok2 ma jari.sekalian aja ma terong.apa perlu saya jebol aja kaleeeeeeeeeee????.
      jus kid ing uy

       
    • Andy Irawan

      27 April 2011 at 22:53

      hahahahahah….
      ada2 aja nih den Bagus

      Kemungkinan sih selaput udah sobek sis
      lebih jelasnya dicek aja…
      terserah, mau dicek sendiri atau dicek orang lain (dicek sapa cobak?)

      Hve Fun

       
      • Rendy Rahim

        14 Desember 2011 at 21:01

        brow,,,, kenapa pada setiap saat saya berhubungan dengan pasangan saya…….???
        pasangan saya selalu mengeluarkan darah di Miss_nya,,, apa ada virgin kalau selaput darahnya udah kebuka terus nutup lagi,kebuka nutup lagi sampe 5 kali saya berhibungan tetap masih keluar.kira-kira apa penyebabnya???? tolong bantu infonya yacchh….sblmnya trims

         
  17. Andy Irawan

    16 Desember 2011 at 22:44

    Di artikel sudah dibahas masalah ketebalan dan elastisitas hymen tiap cew, itu masih tergolong normal karena ada cew yang baru robek setelah melahirkan anak secara normal

    Coba waktu Foreplay lebih di maksimalkan agar lubrikasinya lebih maksimal, kalo udah cukup bisa mengurangi Psikis si istri karena kondisi psikis yang terlalu tegang juga berpengaruh

    Bila masih kawatir..
    silahkan hub dokter atau bidan

    good luck

     
  18. Ping balik: soccer tips
  19. accent chairs for living room

    7 Februari 2012 at 11:07

    Geeze!, That sounds to be so amazing!

     
  20. sofy

    21 Februari 2012 at 22:16

    ,,,,,
    ::‧(◦ˆ ⌣ ˆ◦)::‧(y)
    Si!!!
    Setuju ВǻªăªǻПğêêê†

     
    • Andy Irawan

      26 Februari 2012 at 12:32

      thax komennya
      sering2 berkujung key…

       
  21. lina

    12 Maret 2012 at 12:35

    jadi intinya perempuan yg udah ngga perawan cuma akibat dari hubungan seks yahh?? atau gimana?

    trus ada tuhh anak tante aku yg nahan pipis lama banget soalnya lagi di mobil,, ehhh tau2nya pas udah keluar dari wc dia bisikin aku,, katanya ada darah…setelah itu 2 atau 3 hari dia langsung haid… gimana tuhh?? masih perawan atau tidak??

    adalagi nihh, ada temen aku tomboy,, olahraganya tuhh olahraga laki semuaa,, udah futsal,sepeda,dll aktivitas yg seperti itu bisa ngilangin keperawanan yaa??

    sorry banyak pertanyaan… ^^

     
    • Andy Irawan

      14 Maret 2012 at 14:01

      Pertanyaan yang bagus

      Yang perlu dipahami adalah
      Semua cewek jika sudah melakukan hub. intim maka dikatakan sudah tidak Perawan meskipun pada kenyataannya selaput dara atau hymen masih utuh.. karena hub cew yang sudah melakukan intim dampaknya bukan hanya pada robek atau tidaknya selaput dara tapi juga pada Psikologi terutama sikap, tingkah laku dan bahkan penampilan
      jadi saya tekankan lagi bahwa smua cewek yang sudah intim maka Tidak Virgin

      Masalah saudara kamu, jika menahan kencing terlalu lama akan benyebabkan luka di saluran kencing dan itu tidak hanya terjadi pada cewek tapi dapat juga terjadi pada Cowok
      keluarnya darah saat kencing bisa terjadi juga karena darah mens. awal yang keluar karena terlalu lama menahan kencing, saat menahan kantung kemih sangat penuh dan darah mens. yang ada didalam tubuh sidikit “Terperas” karena tertekan oleh kantung kemih yang mengembang, sehingga saat kencing darah mens. awal ikut keluar sedikit
      ini tidak masalah… tapi kalau saat kencing disertai rasa perih maka ada luka disaluran kemih dan itu akan sembuh dengan sendirinya

      Kegiatan cew tomboy sebenarnya tidak berpengaruh dengan keperawanan asalkan selama aktifitas tidak ada tekanan atau benturan didaerah kelamin
      contoh: Cewek hoby nunggang kuda, kalau terlalu sering menunggang kuda akan mengakibatkan selaput dara pecah jika memang selaput dara cewek tersebut terlalu tipis
      Intinya yang mengakibatkan kerusakan pada Hymen bukan kegiatannya tapi tekanan atau benturan di daerah kelamin terutama jika Jatuh

      Semoga penjelasan diatas mudah dimengerti
      thax

       
  22. LAINAA

    11 April 2012 at 01:33

    Your home is valueble for me. Thanks!…

     
  23. pusat pasutri

    12 Mei 2012 at 01:40

    Gambarnya jls banget…punya cp tu y…hheeeehehehe

     
  24. ruby

    22 Desember 2012 at 20:54

    bang mau nanya. kan di atas udah d jelasin klo brhbngn intim dihari pertama kluar darah brti hymen’nya belum spnuhnya robek. itu ada kemungkinan bisa hamil ga bang?

     
    • Andy Irawan

      30 Desember 2012 at 22:35

      dear ruby,
      Meskipun saat pertama kali intim selaput dara atau hymen masih tersisa tapi jika penis sudah masuk dan sperma disemprotkan kedalam rahim maka kemungkinan hamil jika keduanya sama-sama subur. intinya adalah seberapa banyak sperma yang dapat masuk ke ovarium, semakin banyak maka semakin besar kemungkinan untuk hamil

      Semoga info ini berguna
      Terimakasih

       
  25. agus setiawan

    7 Oktober 2013 at 11:56

    bang mau tanya.. saya baru nikah kemarin. istri saya bilang blum pernh hubungan seks am cpa pun.. pcrn aj cma pegangan tangan. tapi wktu malam pertama ML ama saya ko gak berdarah trus jg . {maaf} kontol saya bisa masuk sampe penuh {cuma dengan 1X dorong}…. tapi istri saya bilang sakit … yang saya tanyakan bang. 1.apakah pngaruh cewek masih perawan pasti sesak vaginanya? 2. apakah dengan 1X dorong langsung masuk itu menandakan bahwa istri saya udah pernah melakukan ML ?

     
    • Andy Irawan

      25 Oktober 2013 at 14:34

      maaf baru bisa balas,
      ukuran kelamin cewek tidak sama seperti halnya penis pria dan keperawanan setiap cewek tidak bisa ditentukan dengan sekali atau berapakali dorong baru masuk karena diatas sudah dijelaskan lubang vagina setiap cewek belum tentu sama begitu juga bentuk selaput dara bahkan ada yang tidak memiliki selaput dara semenjak lahir

       
  26. agus setiawan

    7 Oktober 2013 at 12:04

    bang mau tanya lagi.. ko istri saya itilnya gak keliatan. jadi cuma ada tempatnya tapi gak ada kacang nya. gimana tuh? 2. vagina istri saya seperti gambar di atas {vagina yang lagi di buka pake kedua tangan.} . apa itu gambar vagina cewek yang masih perawan atau udah gak perawan??? mkch sblmnya.. aku tunggu jawabannya bang

     
    • Andy Irawan

      25 Oktober 2013 at 14:38

      apakah yg dimaksut pertanyaan pertama adalah kelentit?
      kelentit itu sendiri tergantung vagina karena bentuk vagina belum tentu sama termasuk juga kedalaman vagina itu sendiri

      Vagina yg ada digambar adalah vagina masih perawan

      semoga keterangan saya menjawab pertanyaan saudara
      terimakasih sudah berkunjung dan berpartisipasi :)

       
  27. kiki sirait 13 tahun

    5 Januari 2014 at 17:40

    emang betul kalo selaput dara/hymen
    bukan lambang keperawanan
    aku nih ya kalau gatal vaginaku sering dimasukin k selaput dara kalo lagi dibilas itu masih perawan gak ya

     
    • Andy Irawan

      8 Januari 2014 at 08:52

      Bisa diperjelas apanya yg dimasukkan?
      Air sabun atau apa?

      Yg jelas keperawanan akan berbeda kerapatan liang Vagina nya dibandingkan yg sudah tidak Virgin meski sm2 tidak memiliki Selaput Dara

       
  28. Diadjeng Retno

    28 Januari 2014 at 12:34

    blesss seret

     
  29. Iman Sudirman

    11 Februari 2014 at 05:47

    Yang aku ingin tanyain…apakah sperma bisa masuk sedangkan hymen tidak pecah.? tipsx donk..

     
    • Andy Irawan

      11 Februari 2014 at 17:05

      Bisa, coba lihat macam2 bentuk hymen pasti berlubang kan..
      Aplg jika penis masuk sempurna dan Vagina menghadap ke atas

       

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ATAU PESAN

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: